Date: 06/13/2020
Type: Online Ecobrick Course
Location: Online (Zoom and Whatsapp Group)
Trainer: Aang Hudaya
Participants: 58

Workshop ini merupakan kolaborasi Komunitas Ecobrick Bogor dengan EcoRanger Banyuwangi. Workshop dilaksanakan pada 13 Juni 2020 pukul 10.30-12.00 WIB melalui aplikasi Zoom dan dilanjutkan dengan pendampingan selama 2 minggu melalui Grup Whatsapp. Kegiatan ini diikuti oleh 58 peserta yang bergabung di sesi zoom dan pendampingan Whatsapp. Namun yang membuat ecobrick hanya sekitar 30 orang dan yang berhasil membuat ecobrick sesuai standar hingga log ke gobrik ada 14 orang.

1. Koordinasi Awal dengan EcoRanger
Kami menyepakati tanggal pelaksanaan. Teknis pendaftaran dihandle langsung oleh tim Ecoranger. Pembuatan flyer oleh tim Ecoranger, konten disepakati kedua belah pihak. Catatan penting!!, selalu cek aturan media kit di website ecobricks.org ya.

2. Pendaftaran Peserta
Pendaftaran peserta dilakukan melalui gform. Rentang waktu pendaftaran selama 2 minggu hingga H-1 pelaksanaan workshop.

3. Pembuatan Grup Peserta
Peserta yang sudah mendaftar lalu dimasukkan ke dalam grup Whatsapp oleh tim Ecoranger. Trainer GEA memberikan list alat dan bahan yang harus dipersiapkan, termasuk info pendampingan 2 minggu pasca workshop.

4. Penyampaian Materi via Zoom
Link zoom disiapkan oleh Ecoranger. Termasuk moderator dan notulen kegiatan. Memastikan juga tim untuk bagian dokumentasi.

5. Pendampingan
Setelah workshop, dilanjutkan dengan pendampingan via grup WA selama 2 pekan

Workshop Online via Zoom (Materi dan Diskusi)
10.30-11.00 Pembukaan, sambutan dari Ecorangers, dan penyampaian materi tentang plastik dari tim Ecorangers (Bu Siti Muyasaroh)
11.00-11.45 Penyampaian materi dari GEA (Aang)
11.45-12.00 Diskusi dan Closing

Pendampingan via WA Grup
Minggu 1
Membuat ecobrick, memastikan peserta membuat ecobrick sesuai standar, diselingi dengan diskusi seputar teknik ber-ecobrick
Minggu 2
Membuat akun gobrik, mendaftarkan ecobrick ke gobrik, dan membuat serta membagikan sertifikat peserta yang berhasil membuat 1 buah ecobrick standar
Terakhir, invite semua peserta ke grup Ecobrick Movement, yaitu grup WA yang saya buat untuk seluruh alumni workshop agar tetap terhubung satu sama lain

Tetap bangga meski yang membuat ecobrick sesuai standar dan log hanya 25% dari total peserta. Hingga September 2020 ini mereka tetap aktif membuat ecobrick dan sering berbagi di grup Ecobrick Movement.

Perlu lebih giat menyemangati peserta yang belum membuat ecobrick pasca workshop, memang tidak bisa dipaksakan.


View this Training on Ecobricks.org
Learn more about our Trainings at www.Ecobricks.org/trainings
Follow us on Facebook at www.facebook.com/ecobricks.org
Follow us on instagram at www.instagram.com/ecobricks.plastic.solved

Indonesia,