Date: 08/22/2020
Type: Community Starter Workshop
Location: Rawteria, Jakarta Barat, DKI Jakarta
Trainer: Aang Hudaya
Participants: 8

Community Starter Workshop kali ini merupakan salah satu rangkaian program Company Catalyst bagi Rawteria, sebuah perusahaan produsen susu vegan di Jakarta. Kegiatan workshop dilaksanakan pada hari Sabtu, 22 Agustus 2020 pukul 14.00-17.30 di kantor Rawteria, Jakarta Barat, DKI Jakarta. Workshop diikuti oleh 8 orang kru dari Rawteria.

Workshop diawali dengan penyampaian materi dan diskusi selam 1 jam. Istirahat 20 menit dan dilanjutkan dengan praktek membuat ecobrick dan loging ke gobrik selama 2 jam. Bagi saya, ini pengalaman perdana memimpin workshop perkenalan khusus untuk program Company Catalyst. Sangat mengenangkan :-).

1. Persiapan Awal
Seminggu sebelumnya, setelah mengadakan Program Perkenalan Company Catalyst via daring bersama tima GEA dan Rawteria, saya langsung mengubungi Mas Halim dari Rawteria untuk berkoordinasi terkait tanggal pelaksanaan workshop perkenalan. Akhirnya disepakati tanggal 22 Agustus 2020, sekaligus menyampaikan seluruh kebutuhan workshop dan panduan pelaksanaan workshop di masa pandemi. Tak lupa, saya kirimkan dokumen Panduan Workshop Perkenalan untuk dibagikan ke kru Rawteria.

2. Persiapan Teknis
Sehari sebelum pelaksanaan workshop, saya berkoordinasi dengan kru Rawteria via Zoom untuk menyampaikan agenda dan flow serta memastikan seluruh perlengkapan (alat dan bahan) dan ruangan.

3. Persiapan Alat dan Bahan
Disiapkan oleh Rawteria :
a. Plastik bekas
b. Botol plastik bekas
c. Timbangan digital
d. Ruangan
e. Karpet untuk alas
f. Gunting

Disiapkan oleh Trainer :
a. Proyektor
b. Plastik bekas (cadangan)
c. Contoh ecobrick dan modular
d. Stik earthwand
e. Lem silikon dan gun
f. Gunting
g. Laptop dan perlengkapan multimedia

Saya tiba di kantor Rawteria pukul 12.00 karena jam 13.00-14.00 saya harus mengisi kegiatan workshop online ecobrick. Pukul 12.30-13.00 berkoordinasi dengan tim Rawteria untuk mengecek seluruh perlengkapan workshop.

14.00-15.10 Opening, penyampaian materi Plastic, Lingkungan, dan Ecobrick, dan diskusi
15.10-15.30 Istirahat dan shalat ashar
15.30-17.30 Praktek membuat ecobrick, membuat akun di gobrik, mendaftarkan ecobrick ke gobrik, dan foto bersama

Senang sekali saat semua peserta berhasil menyelesaikan ecobricknya masing-masing. Ada beberapa yang hampir putus asa karena belum mencapai bobot minimal, tapi kami saling menyemangati dan akhirnya bisa selesai semua.

1. Harus betul-betul dipastikan ketersediaan alat dan bahan dari panitia/klien. Ternyata di hari H plastik yang disiapkan tidak mencukupi (jauh dari yang dibutuhkan). Beberapa peserta belum membawa botol dan terpaksa membeli botol baru (beli minuman).

2. Lupa mengambil dokumentasi saat sesi penyampaian materi, padahal sudah dikoordinasikan saat rapat persiapan di H-1.

3. Secara umum, waktunya masih kurang panjang, karena kami tidak sempat untuk membuat modul. Padahal semua perlengkapan membuat modul sudah disiapkan.

4. Pointer saya mati sehingga harus mengoperasikan laptop sendiri dari jarak dekat, cukup mengganggu karena tidak bisa bergerak leluasa

5. Belum semua ecobrick di log ke gobrik. Hanya 5 dari 8 ecobrick yang berhasil di log. Terkendala jaringan internet dari HP peserta. Ada juga peserta yang terkendala lupa sandi email sehingga belum berhasil membuat akun gobrik.

1. Selalu berkoordinasi untuk memastikan ketersediaan perlengkapan yang dibutuhkan
2. Harus siap dengan segala kondisi yang tidak ideal (pointer mati, tidak ada konsumsi khusus, atau bisa jadi laptop yang trouble dll)
3. Pengalaman menarik karena edisi khusus company catalyst. Salut bagi perusahaan yang sudah tergerak untuk mulai mempertanggungjawabkan konsumsi dan produksi plastiknya.


View this Training on Ecobricks.org
Learn more about our Trainings at www.Ecobricks.org/trainings
Follow us on Facebook at www.facebook.com/ecobricks.org
Follow us on instagram at www.instagram.com/ecobricks.plastic.solved

Indonesia,