Date: 11/30/2019
Type: Community Starter Workshop
Location: Kalabahi / Nusa Tenggara Timur
Trainer: Faryda Veronica
Participants: 25

Pelatihan ini dilakukan dengan peserta yaitu anak-anak kursus bahasa inggris di Prima Nusantara Course di Bungawaru, Kabupaten Alor.
Ini berawal dari ada kerjasama antar komunitas Plastic Free Ocean Network dan komunitas Active Citizen Kab. Alor yang kebetulan juga menjadi anggota PFON. Karena merasa ini penting untuk diedukasikan, dan disetujui juga oleh pengajar les, maka jadilah.
Peserta adalah anak sekolah dasar. Ketika edukasi Plastik, Lingkungan dan ecobrick, para pengajar dan anggota komunitas mengakui bahwa mereka banyak mendapat pengetahuan yg baru, dan tentu bermanfaat dan mengubah pola pikir tentang plastik.

Dalam kegiatan ini, botol plastik dibawa oleh peserta. Sebenarnya diminta utk mmbawa plastik lunak, tapi ternyata tdk semua menabung plastik. Untung saja setiap anggota komunitas yg hadir diwajibkan utk membawa plastik (bersih, kering), sehingga kegiatan dapat berlangsung.

Kegiatan ini dibuka dengan story telling tentang “Sello dan sampah”. Cerita ini dibuat oleh teman-teman Active Citizen.

Senang sekali karena anak-begitu antusias sepanjang setiap sesi. Dan mereka saling membantu dalam membuat sebuah ecobrick.

Saya blum cukup mempersiapkan diri untuk bicara dengan anak SD, sehingga ada istilah baru yang tidak berhasil sy sederhanakan dalam penyampaiannya, sehingga mungkin saja bagian itu terlewat dari benak mereka.

Harus lebih mengenali peserta, kemudian menyesuaikan bahasa yang cocok untuk penyampaian materi.


View this Training on Ecobricks.org
Learn more about our Trainings at www.Ecobricks.org/trainings
Follow us on Facebook at www.facebook.com/ecobricks.org
Follow us on instagram at www.instagram.com/ecobricks.plastic.solved

Indonesia, gobrik