Date: 06/11/2020
Type: Online Ecobrick Trainer Course
Location: Zoom Meeting
Trainer: Corry Pamela
Participants: 4

Sebulan sebelumnya, kami mengumumkan pembukaan pendaftaran TOT Online Ecobrick Batch 8 ini melalui media sosial dan kami share, beberapa Trainer juga bantu share agar informasinya dapat diterima secara luas.

Kami, tim fasilitator terdiri dari Mba Ani / Russel, Aang & Corry berkoordinasi melalui WAG. Semua rundown schedule secara spesifik kami diskusikan. Kemudian setiap sesi selesai, ada evaluasi dari Russel bagi kami, baik apresiasi, kritik dan sekaligus masukan.

Batch 8 ini diikuti oleh 4 orang calon trainer yang kesemuanya antusias, full of commitment dan 4 sesi pertemuan diikuti secara lengkap, keempat peserta tsb adalah :
1. Pak Hendri, asal Tanjung Pinang
2. Mba Iluh, asal Bali domisili Batam
3. Mba Ayu, asal Jawa Tengah
4. Bang Richy, asal NTB

– Masing-masing peserta kebanyakan merupakan Ecobricker yg sudah mempunyai akun di gobrik dan ingin menaikan skill serta pengetahuannya tentang ecobrick. Jadi masing-masing sudah dilengkapi dengan peralatan serta bahan utama membuat ecobrick.

– Akun zoom meeting menggunakan akun dari GEA, namun hostnya kami pegang bergantian. Di sini, terutama saya & Aang harus dibiasakan mengelola tools yang ada di aplikasi Zoom Meeting ini. Dan ini adalah kesempatan besar bagi kami untuk meng-eksplore lebih jauh mengenai Zoom.

– Peserta mengikutinya dari tempat masing-masing. Karena diadakan malam hari, jadi mereka bisa online dari rumah. Mba Ani / Russel dari rumah mereka di Bali, Saya kadang online dari rumah dan juga kadang dari Kantor yang tidak jauh dari rumah, tergantung jaringan internetnya, karena di kantor lebih stabil. Demikian pula Aang, dia online di 2 tempat juga yaitu rumahnya & kantor.

– Peralatan kami sebagai trainer adalah peralatan tambahan, yaitu lem silikon dan tembakannya, juga potongan ban dalam bekas motor yang siap untuk kami praktekan di sesi “cara merekatkan ecobrick”. Kami juga menyiapkan modular yg sudah jadi, beberapa macam (segitiga, hexagonal & dialemen lego) juga harus siap dengan modul yang direkatkan dengan lem silikon & juga ban dalam bekas motor.

Jadwal dan agenda TOT Online ini adalah sebagai berikut :

Sesi 1, 11 Juni 2020
di sesi ini masing2 peserta dan fasilitator memperkenalkan diri, menginformasikan agenda sesi 1. Kemudian Russel & mba Ani memaparkan secara singkat latar belakang dibuatnya eocbrick. Lanjut saya & Aang mempresentasikan materi “Plastik, Lingkungan & Ecobrick”. Sebagai penutupan, kami informasikan agenda di sesi berikutnya dan PR yang harus dikerjakan, yaitu masing2 membuat ecobrick sesuai standar yang sebelumnya kami jelaskan melalui presentasi.

Sesi 2, 18 Juni 2020
Agenda sesi 2 ini adalah mengevaluasi hasil ecobrick peserta. Semua peserta sudah paham benar detail pembuatan ecobrick karena sudah bukan pemula lagi. Kami juga memberikan penjelasan mengenai visi & prinsip Ecobrick. Lanjut agenda berikutnya adalah praktek membuat modular. Saya mempraktekan bagaimana cara merekatkan ecobrick menggunakan lem silikon & ban dalam motor bekas. Kami juga menginformasikan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merekatkan ecobrick ini, terutama yang menggunakan lem silikon. Terakhir Mba Ani menjelaskan mengenai Mandalic Collaboration. Di akhir sesi kembali kami menginformasikan agenda berikutnya dan PR yg harus dipenuhi adalah mempresentasikan “Plastik, Lingkungan & Ecobrick” secara bergantian dan membuat Mandala dari bahan-bahan organik di sekitar lingkungan mereka. Kemudian membuat Modular sederhana dengan menggunakan minimal 7 ecobrick.

Sesi 3, 25 Juni 2020
Sesi kali ini calon trainer secara bergiliran mempresentasikan materi plastik, lingkungan dan Ecobrick. Kemudian giliran kami untuk mengevaluasi, mengapresiasi dan mengkoreksi hasil presentasinya.
Masuk ke sesi Mandala, semua peserta sangat antusias dan menyetor foto hasil mandalanya untuk kita evaluasi kembali. Bentuk mandala yang kami buat, tidak ada yg benar & tidak ada yang salah, hasil dari mandala biasanya mencerminkan perasaan tertentu dari si pembuatnya saat itu.
Kemudian peserta juga menyetorkan hasil ecobrick yang sudah dibuat modular sederhana. Ada yang direkatkan dengan lem silikon dan ban dalam bekas motor.
Agenda berikutnya kami jeda 1 minggu karena peserta harus mempersiapkan praktikum workshop, yang harus dilakukan dengan grup kecil (terutama karena skrg sedang pandemi). Bisa dilakukan di dalam rumah bersama keluarga atau di tempat kerja. PR berikutnya adalah membuat Mandala berpasangan (berdua) dan secara berkelompok (3 orang atau lebih).

Sesi 4, 9 Juli 2020
Peserta berbagi foto Mandala berpasangan & berkelompok, dan secara bersama-sama kami ulas. Lanjut kami mengevaluasi hasil praktikum workshop yang sudah di log ke gobrik.com. Banyak masukan yang kami berikan ke peserta, karena praktikum ini adalah bekal apabila mereka kelak menjadi Trainer dan memberikan workshop ke peserta lain. Terakhir Aang memberikan informasi beberapa Panel Trainer di gobrik apabila status mereka di gobrik telah diupgrade menjadi “Trainer”.

Sangat menyenangkan bertemu dengan peserta dari berbagai macam daerah di Indonesia dan lebih menyenangkan lagi karena mereka semua antusias dan semangat. 4 peserta semua lengkap mengikuti sesi ini dari awal sampai akhir & semua PR dikerjakan dengan lengkap.
Selain koordinasi dengan tim Fasilitator, komunikasi dengan peserta juga tidak kalah penting. Dengan peserta kami tidak lepas untuk berkomunikasi juga, rata2 mereka konsultasi mengenai PR sesi mendatang & meminta pendapat dari hasilnya sebelum di share di sesi berikutnya.

Karena masing-masing memiliki kesibukan, jadi kami perlu saling mengingatkan tugas masing-masing. Untuk pembagian tugas masih berdasarkan kesepakatan dan bisa berubah apabila kami ada beberapa kendala (misalnya kesibukan atau kendala jaringan internet). Untuk ini koordinasi dan pembagian tugas masih perlu dievaluasi & diperbaiki lagi kedepannya.

Mulai Batch 8 ini saya & Aang mulai lebih dilepas oleh Russel & Mba Ani untuk bisa menjalankan (me-lead) TOT Online. Di Batch sebelumnya kami banyak belajar karena masih banyak kekurangan yang masing2 perlu kami perbaiki berdasarkan masukan Russel & Mba Ani
Diberi kepercayaan seperti ini bagi saya merupakan pencapaian yang luar biasa, banyak ilmu, masukan dan pembelajaran yang banyak sekali yang bisa sy terima selama mendampingi & menjalankan TOT Online.


View this Training on Ecobricks.org
Learn more about our Trainings at www.Ecobricks.org/trainings
Follow us on Facebook at www.facebook.com/ecobricks.org
Follow us on instagram at www.instagram.com/ecobricks.plastic.solved

Indonesia,