Date: 06/01/2020
Type: Online Ecobrick Course
Location: Online, Komunitas WKRI DPD Jakarta (Jakarta, Bekasi, Tangerang, Depok)
Trainer: Corry Pamela
Participants: 50

Berawal dari ibu Effi yang merupakan member di Grup FB Ecobrick Indonesia, kebetulan beliau adalah ketua bidang pendidikan di komunitas Wanita Katolik Republik Indonesia DPD Jakarta. Beliau tertarik dengan kegiatan berecobrick ini karena merupakan langkah yang tepat untuk memberikan edukasi di komunitasnya, dan karena sekarang sedang musim pandemi covid19 jadi kami lakukan secara online via WA Group. WA Group ini dipilih karena mayoritas anggota komunitas adalah ibu-ibu dan sebagian terkendala ketidak-pahaman menggunakan video conference (misalnya zoom atau google meet), terkendala waktu juga karena masing2 memiliki kesibukan, dan sebagian terkendala kuota yang terbatas serta sinyal yang tidak memadai, sehingga kami sepakat untuk melakukan lewat WA Group.
Karena peserta nyaris berjumlah 50 orang sehingga kami bagi menjadi 3 group. Group 3 ini dilakukan selama 2 hari, yaitu tanggal 1 & 2 Juni 2020.

H-1 lewat WAG, kami mengumumkan untuk mulai mempersiapkan bahan & peralatan. Kami tekankan untuk memaksimalkan plastik2 sisa konsumsi di rumah, tidak membeli. Mereka mulai mengumpulkan plastik dan digunting2. kami juga meminta mereka menyetor foto peralatan dan bahan tsb agar tidak ada yg salah. Ada jg bbrp yg memperlihatkan juga bekas bungkus minuman UHT, dan kami infokan bahwa bungkus uht itu lbh banyak bahan organiknya sehingga tidak dpt menjadi bahan ecobrick.

H-1 pemberitahuan agenda serta peralatan yg harus dipersiapkan.
tanggal 1 Juni : sesi pertama, presentasi plastik, lingkungan dan ecobrick. Presentasi ini disampaikan secara bergantian oleh Bu Nina, Aisyah dan Corry. Dimulai pukul 14.00 s/d 16.00. Selesai sesi pertama, mereka kami beri PR untuk membuat ecobrick dan hasilnya disetor lewat foto di WAG.
tanggal 2 Juni : agendanya yaitu mengevaluasi hasil ecobrick (oleh 4 trainer), pengenalan GOBRIK dan cara logging ecobrick ke gobrik dan materi pengaplikasian ecobrick (modular & ruang terbuka hijau).

99% mereka baru pertama kali mengenal ecobrick, dan mereka sangat antusias. Mereka banyak bertanya, aktif dan semangat sekali untuk membuat ecobrick dari plastik2 konsumsi mereka sendiri. Bahkan pencapaian jumlah ecobrick di komunitas gobriknya tiap hari meningkat. Ini bukti bahwa mereka berkomitmen untuk membuat ecobrick dari plastik2 konsumsi RT masing2.

Ada beberapa peserta yang tidak mengikuti materi di awal karena kesibukan, sehingga setelah bbrp hari mempertanyakan kembali materi yg sebelumnya sudah diberikan. Kami dengan sabar tetap mendampingi peserta untuk melihat kembali (Scroll up) materi yg telah diberikan. dan ada bbrp yg karena “gaptek” sehingga harus kami bantu untuk membuat akun digobrik, pdhl tutorial telah diberikan secara jelas.

Pemberian workshop secara online ini cukup efektif untuk menjangkau peserta yang jauh dari domisili narasumber. Dan dengan bantuan media sosial, maka sekarang semua Trainer tetap bisa mengadakan workshop selama musim Pandemi ini berlangsung, demikian juga orang2 yg ingin belajar Ecobrick bisa ikut secara online kapanpun dan dimanapun


View this Training on Ecobricks.org
Learn more about our Trainings at www.Ecobricks.org/trainings
Follow us on Facebook at www.facebook.com/ecobricks.org
Follow us on instagram at www.instagram.com/ecobricks.plastic.solved

Indonesia,