Date: 02/06/2020
Type: Trainer Praticum Starter Workshop
Location: Kota Metro
Trainer: Hifni Carolina
Participants: 30

Pelatihan pengenalan workshop ecobrick ini saya lakukan di ruang laboratorium, dihadiri oleh 30 orang yang terdiri dari siswa laki-laki dan perempuan. Pelatihan ini dilakukan pada hari Kamis, 6 Februari 2020 selama kurang lebih 3 jam yaitu pkl 08.00-11.00 WIB. Kegiatan ini diawali dengan presentasi materi “Plastik, Lingkungan dan Ecobrick” selama kurang lebih 1jam disertai dengan antusias siswa dalam menjawab pertanyaan selama presentasi. Kegiatan workshop dilanjutkan dengan praktik pembuatan ecobrick, sebelumnya saya sudah menyuruh peserta untuk mempersiapkan plastik sisa konsumsi dari rumah.

Sebelum workshop diadakan,saya mempersiapkan untuk peminjaman ruang laboratorium, dilanjutkan dengan membuat undangan via whatsaap grup untuk hadir dalam workshop pengenalan ecobrick. Bagi calon peserta yang tertarik mengikuti workshop, disyaratkan untuk membawa plastik sisa konsumsi serta botol dari rumah.

Saya membuka workshop ini dengan memperkenalkan diri sebagai calon trainer ecobrick Lampung dan menjelaskan bahwa workshop ini adalaj salah satu syarat kelulusan saya sebagai trainer GEA. Dilanjutkan dengan pemaparan materi “Plastik, Lingkungan dan Ecobrick” selama kurang lebih 1 jam, audiens tampak merespon dengan aktif selama presentasi berlangsung.

Saya sangat senang sekali dengan antusias dan respon dari peserta workshop. Mereka tampak menemukan kesadaran baru tentang plastik sisa konsumsi yang selama ini hanya mereka buang begitu saja.

Selama workshop berlangsung, tantangan yang saya hadapi yaitu tidak semua peserta membawa plastik sisa konsumsi yang memadai untuk membuat 1 botol ecobrick sehingga mereka saling sharing plastik dan bekerja sama membuat ecobrick.

melalui workshop ini saya mendapatkan pelajaran bahwa menyenangkan sekali berbagi pengalaman dansaling bekerja sama dengan orang lain untuk bumi yang lebih indah kelak.


View this Training on Ecobricks.org
Learn more about our Trainings at www.Ecobricks.org/trainings
Follow us on Facebook at www.facebook.com/ecobricks.org
Follow us on instagram at www.instagram.com/ecobricks.plastic.solved

Indonesia, gobrik